Welcome | Nur Aminudin
Rubrik : Otomotif
Turunkan Emisi, Hari Ini Diperingati Sebagai Hari Menanam Pohon
2011-11-28 11:07:03 - by : haris

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono saat acara menanam pohon dalam gerakan penanaman 1 milyar pohon di waduk Jatiluhhur, Purwakarta. TEMPOTEMPO.CO, Jakarta - Target penurunan emisi 26 persen hingga 2020 membuat pemerintah semakin giat melakukan gerakan menanam pohon. Melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2008, pemerintah telah menetapkan tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN).


Peringatan HMPI 2011 yang jatuh pada hari ini dilaksanakan di Bukit Merah, Santi Dharma Indonesia Peace and Security Center, Sentul, Citeurep, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Peringatan HMPI hari ini akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, yang dijadwalkan datang pukul 09.00 WIB.


Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, peringatan ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan budaya menanam di masyarakat. "Program penanaman 1 miliar pohon tahun ini merupakan kelanjutan dari program serupa di tahun 2010," kata Zulkifli, Senin, 28 November 2011.


Realisasi program penanaman 1 miliar pohon pada tahun lalu tercatat 1,7 miliar pohon atau setara dengan 10.675.000 ton CO2. Sedangkan realisasi program penanaman 1 miliar pohon mulai Februari hingga bulan ini tercatat 827 juta batang (80 persen) atau setara dengan 4.900.000 ton CO2.


Dia menambahkan, gerakan menanam pohon ini bertujuan menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Juga sebagai pendukung keanekaragaman hayati, penyerapan karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim, dan mendukung ketahanan pangan serta ketersediaan air.


"Semakin banyak pohon yang ditanam, maka masyarakat akan semakin terlindung dan sejahtera. Banyak pohon banyak rezeki," ujarnya.


 

Welcome | Nur Aminudin : http://www.nuraminudin.stmikpringsewu.ac.id
Versi Online : http://www.nuraminudin.stmikpringsewu.ac.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=819