Ducati meluncurkan keluarga baru Monster 795 untk pasar Asia, termasuk Indonesia. Peluncuran dilakukan di Malaysia kemarin, dihadiri langsung oleh pembalapnya di MotoGP, Valentino Rossi.

Cukup menarik, sebelum meluncurkannya, Ducati mengoda khalayak Malaysia dengan memajang sepeda motor ini dibungkus boks besar dari kardus di persimpangan Bukit Bintang, Sungei Wang, Kuala Lumpur, sejak seminggu lalu. Bagian yang diperlihatkan hanya lampu depan dan belakang.

Ducati baru ini menggunakan sasis yang sama dengan Monster 696 namunnya berkapasitas  803 cc, V-Twin bersudut  90 derajat, sama dengan Monster 796. Tenaga yang dihasilkan dari mesin 88,2PS @8.250rpm dan torsinya mencapai 78,6 Nm @6.250 rpm.

Penampilannnya sama saja dengan Monster 696. Hal itu bisa dilihat dari bentuk sasis, lengan ayun double-sided dan pelek  lebar palang tiga. Tak ketinggalan garpu suspensi depan dari Marzocchi dengan diameter 43 mm. Sedangkan di berlakang, digunakan peredam kejut tunggal (mono shock absorber) Sachs  yang bisa disetel. 

Untuk rem, piringannya berdiameter 320 mm dengan kaliper empat piston dari Brembo (depan). Sedangkan rem belakang cakramnya berdiameter 245 mm dengan kaliper berpiston ganda. Untukn meningkatkan keamanannya, Ducati  menawarkan ABS (anti break-lock system) secara opsional.

Selain Malaysia dan Indonesia, Monster 795 juga akan dijual di Thailand, China, India, Hong Kong, Philipina, Vietnam dan Singapura. Unit pasar Asia ini dipasok dari pabrik barunya di   Thailand.

Hanya ada tiga pilihan warna, yiatu merah-hitam dan arctic white silk dan diamond black silk. Di Malaysia, Monster 795 dibandrol mulai 70.000an ringgit (Rp196,7 juta).

Kendati diluncurkan di Malaysia, Ducati Indonesia sudah mulai membuka pesanan secara diam-diam dengan bandrol Rp200 jutaan. Unti baru bisa sampai  di tanah air pada akhir 2011.

Versi cetak