JAKARTA - Deputi Sekjen Bidang Kompetisi PSSI, Saleh Mukadar mengatakan pihaknya telah menerima surat dari FIFA dan AFC menanggapi permintaan Kongres Luar Biasa (KLB) oleh 2/3 anggota PSSI. Surat tersebut dibuat di Zurich, 13 Januari 2012 dan ditandatangani oleh Sekjen AFC, Alex Soosay dan Sekjen FIFA Jerome Valcke.
Dalam surat tersebut, FIFA dan AFC menyebut dari proses verifikasi PSSI, bahwa permintaan yang dibuat oleh 320 dari 588 anggota PSSI, jumlah tersebut kurang dari 2/3 yang dibutuhkan menurut Statuta PSSI pasal 31 ayat 2. Sehingga KLB tak bisa digelar.
"Pada 23 Desember 2011 ada permintaan KLB dari FPP kemudian hasil itu sudah diverifikasi (tahap awal) yakni dari 460 terdapat 11 double dan 80 bukan anggota PSSI dan masih calon anggota PSSI," kata Saleh di kantor PSSI, Selasa (17/1/2012).
Dengan hasil verifikasi tahap awal tersebut, Saleh mengungkapkan bahwa Komite Eksekutif (Exco) PSSI telah menolak untuk dilaksanakannya KLB. PSSI juga telah melaporkan hasil verifikasi tahap awal tantang permintaan KLB.
Menanggapi hal tersebut, imbuh Saleh, FIFA dan AFC tidak dalam posisi memberikan komentar tentang validitas permintaan KLB. Walhasil, FIFA dan AFC merekomendasikan agar PSSI segera menyelenggarakan Kongres Biasa sesuai Statuta dan menyelenggarakan sebuah forum untuk mencari solusi.
FIFA dan AFC juga mengingatkan (PSSI) akan deadline yang terpapar dalam surat 21 Desember 2011 dan Kongres Biasa harus digelar sebelum 20 Maret 2012 untuk menghindari kemungkinan sanksi dari Komite Asosiasi FIFA.
"FIFA menegaskan PSSI segera menyelangarakan Kongres Tahunan sebelum 20 Maret 2012, dan merangkul pembangkang dan menghukum jika tidak mau di bawah kendali PSSI," terang Saleh.

Versi cetak