Jumlah korban hilang kapal pesiar mewah Costa Concordia di perairan Italia bertambah menjadi 29 orang. Tim penyelamat masih terus melakukan pencarian di tengah kondisi kapal dan cuaca yang terus memburuk.


Seperti diberitakan CNN, Selasa 17 Januari 2012, awalnya diberitakan masih terdapat sekitar 14-16 korban lagi yang belum ditemukan. Namun dalam perkembangan terbaru, kepala penjaga pantai Marco Brusco mengatakan masih 25 penumpang belum ditemukan, ditambah empat orang awak kapal.


Proses pencarian terus dilakukan sejak Senin kemarin setelah kapal Concordia menabrak karang Jumat malam di perairan dekat pulau Giglio. Pencarian dilakukan dengan mengirimkan tim selam untuk menyusuri setiap sisi kapal sepanjang lebih dari 200 meter tersebut.


Selasa dini hari, proses pencarian dihentikan karena kapal mengalami pergerakan. Dikhawatirkan kapal raksasa itu semakin tenggelam dan membahayakan tim pencari. Cuaca di lokasi juga semakin membahayakan akibat adanya angin kencang. Setelah dirasa aman, pencarian dilanjutkan.


Kepala perusahaan pemilik kapal Costa Cruises mengatakan mereka tidak akan berhenti melakukan pencarian korban selamat. "Harapan adalah hal terakhir yang akan hilang," kata Pier Luigi Foschu sambil berulang kali meminta maaf atas insiden tersebut.


Sejauh ini, lima orang ditemukan tewas di dalam kapal, yang kandas setelah menerjang karang pada 13 Januari 2012. Lebih dari 4.200 penumpang dan awak kapal berhasil diselamatkan.
Masalah lainnya dalam insiden karamnya kapal Concordia adalah kerusakan alam akibat kemungkinan bocornya 2.300 ton bahan bakar. Namun, berdasarkan pengamatan awal tidak ditemukan adanya kerusakan pada tangki bahan bakar. (ren)


 

Versi cetak