BANDARLAMPUNG--MICOM: Video heboh yang membuat banyak orang bertanya-tanya tentang pemenggalan kepala dalam kerusuhan sengketa lahan di Mesuji, ternyata memang benar adanya.


Kebenaran itu diketahui saat Komisi III melakukan kunjungan kerja ke tempat di Mesuji, Kabupaten Mesuji, Lampung dan Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, 17-19 Desember 2011.


Dalam pertemuan dengan Pemda OKI yang dihadiri pihak-pihak terkait dinyatakan memang benar ada aksi kerusuhan yang mengakibatkan 7 korban jiwa dengan dua diantaranya dalam kondisi kepala terpisah.


"Kepala yang ada di atas truk itu memang benar waktu kerusuhan dengan PT SWA (Sumber Wangi Alam) 21 April 2011, termasuk penggantungan mayat," ujar Anton Azhar Asisten Lapangan PT SWA yang hadir mewakili perusahaan dalam pertemuan tersebut.


Menurut penjelasan Anton, dua korban terpenggal itu terdiri dari salah satu tim pengamanan dan juga juru masak perusahaan. Sedangkan sisa lima korban lainnya terdiri dari tiga karyawan dan dua warga.


Kejadian yang terjadi tepat pada Hari Kartini ini dimulai karena adanya adu mulut antara sekuriti dengan warga terkait masalah lahan plasma saat panen sawit siang itu. Dan entah kenapa, informasi adanya pembunuhan oleh sekuriti perusahaan degan cepat sampai ke warga Desa Sodong.


"Tidak sampai satu jam, ratusan orang datang pas jam istirahat dan semuanya jadi kacau. Korban pertama ada di masyarakat yang lehernya hampir putus," ujarnya.


Anton pun mengatakan bahwa kepala yang ada di atas truk dalam video tersebut adalah kepala sekuriti perusahaan yang tertangkap warga. "Itu sekuriti bukan pamswakarsa, mereka keamanan kaya satpam," papar Anton.


 

Versi cetak