Jakarta - Mobil-mobil Mercedes-Benz tergolong mahal di pasar mobil Tanah Air sehingga kurang kompetitif. Agar lebih bersaing PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) bakal memperbanyak Mercy versi CKD (rakitan lokal) tahun depan dengan harapan bisa menekan harga.


Di tahun depan PT MBI berencana merakit SUV Mercedes-Benz GL dan ML. Berarti bakal ada 5 tipe mobil Mercy yang dirakit di RI yakni Merce C-Class, E-Class, S-Class dan yang akan datang SUV GL dan ML.


Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran PT Mercedes-Benz Indonesia Yuniadi H. Hartono kepada detikOto di Jakarta, Rabu (9/11/2011).


"Mulai tahun depan SUV Mercedes-Benz GL dan ML versi CKD. Untuk menekan harga," tanda Yuniadi.



Seperti pasar mobil premium di Indonesia yang terus berkembang seiring dengan keseriusan produsen mobil premium menggarap pasar mobil premium Tanah Air menjadi perhatian khusus pihak Mercy.


Terlebih produsen mobil premium saat ini sudah pintar menawarkan mobil premium dengan harga terjangkau.


Sayang ketika ditanya berapa harga SUV Mercy GL dan ML setelah dirakit di Indonesia, Yuniadi enggan menjawab. "Tunggu saja tahun depan, ini masih penjajakan," tutupnya.


500 Bus Mercy OH 1526 Perkuat Angkutan Umum


Sementara itu, Mercedes-Benz menyerahkan 500 unit bus Mercy OH 1526 kepada PT Eka Sari Lorena Transport untuk peremajaan bus


PT Eka Sari Lorena Transport bekerjasama dengan PT Dipo Mandiri Motor selaku diler resmi untuk penjualan produk-produk bus Mercy di Indonesia. Penandatanganan MoU dilakukan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (9/11/2011).


Penandatangan tersebut untuk menyapakati transaksi sebanyak 106 unit casis Mercy OH 1526 yang akan melayani masyarakat di kuartal-I 2011. Adapun pembelian 500 unit bus untuk mengekspansi pada selama 5 tahun ke depan.


Dalam kesempatan ini juga dihadiri Presiden Direktur PT MBI Dr. Claus Weidner, Presiden Direktu PT Dipo Mandir Motor, Hansen Pohan.


"Pembelian 500 unit ini untuk ekspansi dalam 5 tahun ke depan. Hari ini termauk strategi untuk transportasi darat," kata CEO PT Eka Sari Lorena Transport Soerbakti.


Ia menjelaskan 500 unit bus Mercy tersebut untuk memperkuat angkutan umum Lorena di seluruh Indonesia.


"Kita berusaha total bermain di angkutan umum darat yang bisa melayani antar kota antar propinsi, pinggiran kota Jakarta seperti feder bus," ucapnya.


Sayang pihak Lorena tidak menjelaskan dana yang dikucurkan untuk pengadaan 500 unit bus Mercy. "Nilai rupiah buak fokus utama kami, fokus kami adalah pembangunan infrastruktur bus," tambah Soerbakti.


 

Versi cetak