Saat waktu semakin sempit, sedangkan masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, perhatian kadang menjadi buyar. Anda perlu mengendalikan kembali pikiran agar semua pekerjaan di kantor selesai tepat waktu sesuai deadline.

Kalau Anda kesulitan berkonsentrasi, tetapi deadline pekerjaan di depan mata, simak kiatnya:

* Meja kerja yang nyaman
Buat meja kerja senyaman mungkin. Apa pun caranya, ciptakan suasana nyaman yang menambah semangat. Jika memajang foto liburan bersama sahabat, keluarga, atau pasangan bisa membangkitkan semangat Anda, lakukan saja.

Namun, ada hal-hal yang juga harus dihindari, seperti makan siang di meja makan. Saat Anda kembali ke meja kerja, fokuskan pikiran pada pekerjaan. Kirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sedang bekerja, bukan sedang atau ingin makan.

* Cari pengaruh baik
Bekerjalah di dekat rekan kerja yang berkonsentrasi tinggi. Cara ini akan memotivasi Anda untuk menyamai kinerjanya. Contoh yang baik akan memberikan dampak yang baik pula. Anda menjadi lebih terpicu menyelesaikan pekerjaan Anda.

* Pasang target
Pasang target, kapan pekerjaan harus selesai. Apalagi jika Anda termasuk orang yang perlu stimulasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Buat target berdasarkan jam. Misalnya, jam berapa Anda harus menyelesaikan presentasi. Jika berhasil, berikan hadiah untuk diri sendiri.

Versi cetak