Dalam hal mengadaptasi budaya masyarakat Indonesia memang jagonya. Namun kali ini lebih mengarah ke hal positif yakni kreatifitas dan keberanian untuk mengadaptasi busana khas negara lain sebagai inspirasi atau ide terciptanya baju muslim stylish dan trendy. Seperti apakah hasilnya? penasaran?


Tumbuh suburnya toko busana muslim baik offline maupun online membuat para desainer berpikir keras dalam mengembangkan hasil karya yang mampu mengimbangi tren pakaian modern saat ini. Beraneka ragam busana muslimin dan muslimah yang beredar di pasaran sudah banyak yang diadaptasi dari baju adat negara lain guna memperkuat kesan stylish dan trendy. Negara-negara yang sering dijadikan sebagai kiblat fashion adalah Korea, Spanyol dan Inggris. Berikut ini adalah beberapa model baju muslim hasil inspirasi perancang busana Indonesia dengan memodifikasi pakaian khas negara lain:


Korea
Busana khas Korea umumnya terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, maxi dress dengan potongan baby doll. Yang kedua, cropped bolero lengan panjang dengan siluet lonceng.
Anda bisa memadukan model ini kedalam Baju Muslim Anak maupun dewasa yang unik dan bergaya. Sesuaikan kombinasi warnanya dengan gaya jilbab Anda. Koleksi baju muslim terbaru dari desainer Najua Yanti yang mengadaptasi gaun Korea bisa menjadi salah satu contoh yang tepat.


Spanyol
Diadaptasi dari gaun khusus yang sering digunakan Penari Flamenco yaitu yaitu gaun panjang dengan detail tumpuk di bagian bawah. Flamenco adalah satu tarian khas negara Spanyol yang terkenal.
Kesan anggun dan modern bisa diperoleh dengan mengaplikasikan gaun tersebut ke dalam busana muslim. Sebagai contoh, gaun muslim dari desainer Noraini Jarumas bisa menjadi inspirasi gaun muslim ala Flamenco.


Inggris
Seperti yang sering muncul di film-film Inggris jaman dulu dimana wanita kerajaannya mengenakan gaun khas dengan mantel panjang dan sebuah topi lebar sebagai aksesorisnya.
Salah satu perancang indonesia, Savitri, mampu menciptakan busana muslim anak dan dewasa dengan sentuhan busana wanita kerajaan Inggris tempo dulu. Topi yang dipadukan dengan jilbab juga mampu memberikan daya tarik tersendiri.


Untuk pakaian khas wanita Indonesia sendiri yakni kebaya yang merupakan pakaian adat wanita jawa tempo dulu juga tidak ketinggalan menjadi ide kreatif dan inovasi dalam penciptaan baju muslim stylish dan trendy. Kebaya Muslim merupakan Model Busana Muslim Terbaru yang paling popular saat ini. Jenisnya pun bermacam-macam, diantaranya adalah : Kebaya Muslim Full Payet, Kebaya Muslim Batik Teratai, dan Kebaya Pengantin Muslim.


 

Versi cetak