SURABAYA, Tidak hanya jago merakit laptop dan komputer, siswa-siswa SMKN 2 Surabaya juga jago merakit LCD proyektor. Media untuk penunjang pembelajaran di setiap kelas ini sekarang sedang proses perakitan. Akhir November mendatang, hasil karya para siswa SMK tersebut sudah bisa didistribusikan ke setiap daerah di seluruh Jawa Timur.



"Paling lambat Desember, LCD proyektor sudah disebar ke seluruh SMK se-Jatim," kata Kepala SMKN 2 Surabaya, Bahrun, Senin (3/10/2011).


Siswa SMKN 2 Surabaya kini dipercaya membuat LCD proyektor sendiri. Untuk perakitan pertama ini, mereka ditarget menyelesaikan 452 LCD. Setiap SMK baik negeri maupun swasta akan menikmati LCD proyektor karya mereka. Perakitan LCD tersebut merupakan program Direktorat Pengembangan Pendidikan SMK pusat.


Menurut Bahrun, kebutuhan LCD saat ini sudah merupakan kebutuhan utama dalam proses pembelajaran di kelas. Namun, sekolah yang memanfaatkan teknologi LCD untuk proses belajar tidak banyak. Hanya sekolah RSBI yang memiliki fasilitas ini. Itu pun tidak semua kelas di sekolah RSBI terdapat LCD proyektor.


"Selain karena harganya memang mahal, tidak banyak guru yang mahir progam komputer untuk menayangkan materi pelajaran melalui LCD. Tapi dengan produk kita, LCD menjadi terjangkau," tambah Bahrun.


Salah satu perakit LCD proyektor, Putri Puspita Dewi, siswa kelas dua jurusan rekayasa perangkat lunak, mengaku tidak kesulitan dengan perakitan tersebut.


"Komponen didatangkan mulai boks, rangkaian, sampai layar sudah ada. Kita tinggal merakit saja," kata Putri.


Proyektor karya para siswa ini tak kalah dengan LCD yang ada di pasaran. Para siswa SMK ini siap melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Komponen pengganti juga disediakan.


 

Versi cetak