Untuk menciptakan ekosistem dan memberikan fasilitas bagi developer (pengembang aplikasi) di Indonesia, Indosat bersama Alcatel-Lucent Indonesia bekerjasama melalui program 'ng Connect'.

'ng Connect' adalah global initiative dari Alcatel-Lucent yang didedikasikan untuk menciptakan aplikasi yang siap di jaringan, layanan, konten, dan perangkat untuk jaringan broadband.

Program 'ng Connect' menyatukan infrastruktur, perangkat, aplikasi, perusahaan konten dan industri/perusahaan pengguna dalam ekosistem end-to-end untuk dapat dengan cepat membuat dan memberikan layanan broadband generasi berikutnya sepertinya nantinya untuk LTE.

Peresmian kerjasama ini dilakukan pada Kamis (20/10/2011) oleh President Director & CEO Indosat, Harry Sasongko dan President Director Alcatel-Lucent Indonesia, Frederic Chapelard.

Sebagai tahap awal, Alcatel-Lucent Indonesia melalui program 'ng Connect' akan memberikan  pelatihan, akses ke Application Programming Interface (API), dan fasilitas Lab 'ng Connect' untuk Indosat Innovation Lab.

Indosat Innovation Lab sendiri merupakan lembaga binaan Indosat yang digunakan sebagai wadah para pengembang muda, termasuk mahasiswa untuk berdiskusi, bereksperimen, dan mengembangkan aplikasi ciptaan mereka.

Dalam implementasinya, Alcatel-Lucent akan melatih mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang selama ini memanfaatkan Indosat Innovation Lab di Bandung, memberikan pelatihan untuk mengakses dan menggunakan API dalam mengembangkan aplikasi mobile untuk bidang kesehatan.

“Kerjasama strategis dengan Alcatel-Lucent ini merupakan kelanjutan dari komitmen Indosat untuk terus membantu generasi muda menciptakan dan mengembangkan berbagai aplikasi mobile, sekaligus memberikan akses kepada mereka untuk mendapatkan akses teknologi dan komersial, sehingga inovasi aplikasi mobile mereka pada akhirnya akan memberi manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat,” demikian disampaikan Harry Sasongko, President Director & CEO Indosat.

Melalui kerjasama ini, Indosat akan menyediakan akses dan kesempatan berkontribusi pada ekosistem developer aplikasi mobile mulai dari penelitian dan pengembangan, stimulasi inovasi, pembuatan model bisnis dan studi pasar untuk penjualan dan pemasaran.

Versi cetak